oleh

Apel Siaga Jajaran Sat Brimob Polda Sulsel, Pastikan Kesiapan Pengamanan di Wilayah Polda Sulsel

ZONASULSEL.COM MAKASSAR | Jajaran Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel siaga operasi Lilin 2020 di Lapangan Apel Mako Batalyon A Pelopor, Rabu (30/12/20) sebagai upaya untuk memastikan kesiapan akhir personil dan sarana prasarana dan unsur terkait dalam mengamankan perayaan Natal 2020 dan Menjelang Tahun Baru 2021.

Operasi Lilin yang dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 1 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan professional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari paparan virus covid-19.

Pelaksanaan Apel Siaga Ops Lilin ini dipimpin Langsung Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis PS,S.I.K.,M.Si serta diikuti beberapa Pejabat Satbrimob Polda Sulsel Antara lain Danyon A Pelopor Satbrimobda Sulsel AKBP Darminto, S.Sos, Danden Gegana Satbrimobda Sulsel AKBP Dr. Sahruna Nasrun,S.E.,M.M, Kasubbagminops Satbrimobda Sulsel AKP Mursalim, S.E, Wadanyon A pelopor Satbrimobda Sulsel AKP Mansur, S.H.,M.H, Wadanden Gegana Satbrimobda Sulsel AKP Azis Bani, S.Sos serta personel Gabungan Batalyon A Pelopor dan Detasemen Gegana.

Dalam pelasanaan apel kesiapan ini diikuti sebnyak 3 SSK Personel yang terdiri dari Personel Batalyon A Pelopor dan Detasemen Gegana, salain itu ikut ditampilkan juga kendaraan Opersional diantaranya 2 Unit Kendaraan Taktis G Force dan Wolf sebagai Kendaraan Escape, 2 Unit EOD Responder sebagai Kendaraan Operasional JIbom, 2 Unit kendaraan Public Address, 6 Unit Kendaraan angkut personel dan 32 Unit Sepeda Motor yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan Patroli.

Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Muhammad Anis dalam arahannya mengatakan pelaksanaan kali ini merupakan apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun serta mengantisipasi gangguan kamtibmas pasca pemilihan Kepala Daerah di Kota Makassar maupun di beberapa Kabupaten sehingga dapat berjalan aman dan kondusif serta masyarakat merasa aman dan nyaman melewati malam pergantian tahun 2021.

Kombes Pol Muhammad Anis juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tetap tertib saat melakukan aksi protes agar dilakukan sesuai dengan jalur hukum yang tidak menggangu Kamtibmas. Selain itu dirinya juga menekankan kepada seluruh personel untuk tetap waspada mengantisipasi perkembangan situasi serta tidak ragu untuk mengabil tindakan tegas kepada para pelaku anarkis.

“ Negara Hadir, Negara tidak boleh Kalah, Tindak tegas pelaku premanisme dan tindakan anarkis.” Tegas Kombes Pol Muhammad Anis.

Diakhir pelaksanaan Apel siaga tersebut, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis didampingi Danyon A Pelopor AKBP Darminto dan Danden Gegana AKBP Sahruna Nasrun mengecek secara langsung peralatan, perlengkapan serta kendaraan operasional yang ikut diikut sertakan dalam apel kesiapan tersebut.

Senada yang disampaikan Dansat Brimob Polda Sulse, saat ditemui Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto menyampaikan kegiatan apel kesiapan ini merupakan bentuk antisipasi Satbrimob Polda Sulsel khususnya Batalyon A Pelopor dalam menghadapi malam pergantian tahun dan agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“ apel ini merupakan bentuk kesiapan jajaran Batalyon A Pelopor dalam menghadapi agenda nasional seperti pengamanan malam pergantian tahun serta agenda – agenda yang lain yang sifatnya kontijensi “ Ujar AKBP Darminto.

Untuk Batalyon A Pelopor sendiri menyiagakan sedikitnya 2 SSK pasukan PHH dan 2 Unit Tim Anti Anarkis yang selalu siap digerakkan kapanpun dan dimanapun, hal ini untuk mengantisipasi aksi – aksi yang dapat merugikan masyarakat.

“ untuk mengantisipasi aksi – aksi yang sifatnya kontijensi atau yang dapat mengganggu situasi kamtibmas, Batalyon A Pelopor menyaiagakan 2 SSK personel PHH dan 2 Unit tim Anti Anarkis yang siap digerakkan kapanpun, hal itu sebagai wujud Kehadiran Negara di tengah – tengah masyarakat dan wujud bhakti Brimob untuk masyarakat “ pungkas Darminto.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed