oleh

Kuri Caddi, Desa Nisombalia Menuju Destinasi Wisata Dunia

ZONASULSEL .COM MAROS |Kuri Caddi, salah satu dusun dari empat dusun yang ada di Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Secara geografis, Kuri Caddi berada pada pesisir pantai Selat Makassar. Dari sekian ratus, bahkan ribuan dusun di Maros, satu-satunya dusun yang memiliki pantai. Berada pada posisi di pinggir laut. Tak pelak memang, jika pemerintah Desa Nisombalia, menjadikan Kuri Caddi sebagai destinasi wisata pantai.

Kades Nisombalia, Sulkarnain

Apalagi, program ini mendapat dukungan dunia kepariwisataan. Unesco memasukkan Kuri Caddi, dari 250 tempat kunjungan wisata di seluruh Indonesia bahkan dunia memasukkan Kuri Caddi dalam Geogpark Unesco.

Tidak berlebihan, jika memang, Kepala Desa Nisombalia, Sulkarnain, menjadikan Kuri Caddi sebagai destinasi wisata pantai. Karena Kuri Caddi memiliki potensi alam yang tidak dimiliki oleh wisata pantai lainnya. Struktur alamnya yang indah. Masyarakatnya ramah. Pasirnya putih. Ada hutan mangrove. Dan, tak kalah menariknya mengandung bebatuan hitam yang tidak dimiliki wisata pantai lainnya. Itu hanya sebagian potret kecil pantai Kuri Caddi.

Diawal periode (2010) pemerintahan Bupati Maros Hatta Rahman, Kuri Caddi sudah diprogramkan. Menjadi destinasi wisata. ” Ya. Insya Allah, Dusun Kuri Caddi akan menjadi destinasi wisata. Kuri Caddi akan seperti pantai Sanur, Kuta di Bali,” ujarnya kepada wartawan Irianto Amama ketika berkunjung ke rumah Ambo Masse, Kuri Lompo, kala itu.

Untuk mewujudkan harapan itu, Kades Nisimbalia, Sulkarnain telah memprogramkan. Membangun dan membenahi Kuri Caddi. Dengan masuknya Kuri Caddi terdaftar sebagai Geogpark Unesco merupakan motivasi bagi pemerintah desa Nisombalia untuk menjadikan Kuri Caddi sebagai destinasi wisata yang bertaraf internasional. “Kami mohon doa restu dan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat. Semoga bisa terwujud,” harap Sulkarnain yang akrab disapa Rudi.

Menurut Sulkarnain, kelak Kuri Caddi bisa maju dan berkembang yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat menuju masyarakat yang sejahtera. (anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed