oleh

Jalan Indah Pengabdian Sang Jendral Calon Kapolri

Goresan Dr. Sakka Pati, S.H. M.H, dosen Fakultas Hukum Unhas

ZONASULSEL.COM MAKASSAR |Menjadi seorang Kapolri tentu bukan tugas yang mudah. Tugasnya bukan saja menjadi pemimpin bagi institusi kepolisian, akan tetapi juga akan menjadi patron penegak hukum dan keadilan di negara ini. Oleh sebab itu, salah satu syarat mutlak untuk menjadi seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dan integritas yang tinggi. Dan karakter tersebut ada pada Komjen Listyo Sigit Prabowo yang merupakan calon tunggal Kapolri oleh Presiden RI.

Ditunjuknya Kepala Badan Reserse Kriminal ( Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Joko Widodo tentu berdasarkan pertimbangan yang matang dan track record yang sudah teruji. Integritas, kapabilitas, loyalitas, serta dedikasinya kepada Bangsa Indonesia telah terukur, sehingga dengan karakter yang dimiliki tersebut diharapkan mampu membawa institusi kepolisian sebagai lembaga penegak hukum yang jauh lebih baik lagi dengan selalu mengedepankan prinsip-prinsip equality before the law.

Banyak pihak yang menganggap bahwa penunjukan Komjen Listyo Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia masih menjunjung tinggi keberagaman dan persatuan demi menjaga keutuhan NKRI. Hal ini mampu memutus pandangan bahwa minoritas tidak memiliki kesempatan yang sama di Negeri ini untuk pemimpin suatu lembaga atau institusi.
Perbedaan latar belakang suku, agama bukanlah halangan untuk berkiprah sebagai pemimpin, melainkan menjadi kekuatan untuk saling melengkapi nasionalisme bangsa Indonesia. Semoga dengan terpilihnya Komjen Listyo Parabowo nanti, selain mampu menjaga nama baik institusi dan penegak keadilan, juga mampu menjadi pemersatu bangsa Indonesia.
Selamat bekerja Jendral, asa anak bangsa di pundakmu.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed