oleh

Demisioner, IKA Komunikasi Fisip Unhas Siapkan Mubes

ZONASULSEL.COM MAKASSAR |Ikatan Keluarga Alumni (IKA), Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Hasanuddin (Unhas), akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) penggantian pengurus periode 2021-2024.

Bertempat di Enreco Coffee, Panakkukang Makassar, Senin 22 Februari 2021, Sekretaris IKA Komunikasi, Fisip Unhas, Sahman AT, menyampaikan pertemuan lanjutan akan diselenggarakan pekan ini. “Saya telah berkordinasi ketua harian dan ketua umum, untuk penyiapan Mubes,” ujarnya.

IKA Komunikasi Fisip Unhas, yang dipimpin Dr. Suhardi Duka, yang juga anggota DPR-RI, menyimpan potensi besar dengan anggotanya yang kini tersebar di berbagai jaringan media massa, baik lokal maupun nasional. “Kami sedang menyiapkan perampungan data alumni, sebagai bagian dari program kerja,” ujar Sahman. Sembari menambahkan sejak awal IKA Komunikasi, telah menggelar berbagai kegiatan kajian.

Hadir dalam pertemuan pembahasan persiapan Mubes, Dewan Pengarah IKA Komunikasi, Zulkarnain Hamson, yang juga Wakil Rektor (WR) IV Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, menyebutkan IKA adalah institusi penting pendukung induk yang melahirkannya, sehingga kontribusinya mesti terukur dan berkesinambungan.

“Perguruan Tinggi (PT) memerlukan IKA dalam proses kerjanya. Terlebih di era kampus merdeka, atau merdeka belajar saat ini,” ujar Zulkarnain Hamson, sembari menambahkan pola pengelolaan IKA yang masih memakai gaya lama seperti ‘arisan keluarga’ harus ditinggalkan, karena sudah ketinggalan jaman, ujarnya.

“IKA itu posisinya sama penting dengan departemen, fakultas atau universitas. Karena tugas kami di kampus hanya melahirkan alumni, yang membesarkan harusnya IKA,” paparnya. IKA menurut Zulkarnain, adalah ibu yang membesarkan, sedangkan kampus itu ibu yang hanya tahu melahirkan.

Keberhasilan kampus merdeka dan merdeka belajar, justru akan sangat bergantung pada IKA karena anggota IKA yang telah berhasil di bidang industri, akan menolong adik-adik mereka yang baru lulus, dan butuh pekerjaan, lanjut Zul.

“Coba perhatikan harapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Tujuannya agar lulusan bisa terserap lapangan kerja, dan itu hingga kini belum sepenuhnya terjawab,” ujar Zulkarnain Hamson, yang juga Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional.

Pertemuan alumni itu menyepakati diselenggarakannya Mubes secara online, dan akan mengaktifkan kembali kajian-kajian komunikasi, yang menghadirkan alumni yang kini telah bekerja secara profesional di berbagai bidang.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed