oleh

Pemdes Nisombalia Maros Terbitkan Perdes Pengelolaan Kepariwisataan

 

 

ZONASULSEL.COM – MAROS | Setelah beberapa kali dirapatkan, Pemerintah Desa (Pemdes) Nisombalia, Kec. Marusu, Kabupaten Maros akhirnya menetapkan Peraturan Desa (Perdes) Tentang Kepariwisataan Tahun 2021, Selasa (22/2/2021).

Penetapan Perdes Kepariwisataan tersebut diputuskan dalam rapat paripurna berlangsung di Kantor Desa Nisombalia dengan dihadiri Kabid PMD Pemkab Maros, Samsul Idris, Camat Marusu, HM Jufri diwakili Kasie Pemerintahan Nasaruddin, Kades Nisombalia, Zulkarnain, pendamping desa, Sabri, dan Ketua BPD, Syarif, para Kepala Dusun, Ketua RT, Babinsa, Bimmas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda serta Ketua PKK Desa Nisombalia.

“Meski pun sudah ditetapkan sebagai Perdes, namun masih perlu disosialisasikan agar masyarakat tahu dan mengerti. Harus ada uji publik. Ada mekanisme yang harus diketahui oleh masyarakat dalam mengelola kepariwisataan, ” ujar Kabid PMD, Syamsul.

Seperti diketahui bahwa Pemerintah Desa Nisombalia saat ini telah memprogramkan pengembangan Dusun Kuri Caddi sebagai desa wisata.
Sehingga perlu ada payung hukum dalam pengelolaannya.

Syamsul menjelaskan, tahun ini Pemerintah Desa Nisombalia
mendapat pagu anggaran sebesar Rp. 1 Miliar lebih. Dari pagu anggaran tersebut ada pemotongan Dana Desa sebesar 8 persen untuk alokasi anggaran Covid – 19 yang peruntukkan anggaran pada posko desa, masker dan obat2an. ” Penyisihan untuk 8 persen merupakan arahan dari kementerian,” kata Syamsul.

Syamsul juga mempertegas soal penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus disalurkan tepat waktu dan tepat sasaran. Namun, penyaluran BLT tahun ini berbeda dengan tahun 2020 lalu. Untuk tahun ini BLT dibayarkan setiap bulan sebesar Rp. 300. 000 sampai Desember 2021. LPJnya harus dilaporkan tiap bulan.

“Adapun Kriteria penerima BLT tahun 2021 harus keluarga miskin. Tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah jenis apapun dari pemerintah dan penderita sakit disibilitas,” jelas Kabid PMD. (anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed