oleh

Amankan Pelantikan Kepala Daerah, Brimob Batalyon A Pelopor Kerahkan Personel Bersenjata Lengkap

ZONASULSEL.COM MAKASSAR | Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel melaksanakan apel pengecekan kesiapan pengamanan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Makassar serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2020-2025 secara Virtual. Apel kesiapan pengamanan yang berlangsung di Mako Batalyon A Pelopor, Jumat (26/02/2021) dipimpin langsung Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto, S.Sos, dihadiri Pejabat Utama Batalyon A Pelopor dan Personel Batalyon A Pelopor yang akan terlibat pengamanan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Dzikir Asmaul Husna dipimpin oleh salah seorang personel dan diikuti oleh seluruh personel yang mengikuti apel Kesiapan tersebut.

Dalam arahan apelnya Danyon A Pelopor AKBP Darminto, S.Sos mengatakan Apel pengecekan kesiapan pengamanan ini dalam rangka pengamanan Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Makassar dan juga melaksanakan pengamanan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati seluruh wilayah Sulawesi Selatan yang telah terpilih dan dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan dan dikantor Bupati masing masing daerah dilaksanakan secara Virtual.

Adapun tujuan dari pengamana ini adalah untuk mengantisipasi ataupun terjadinya pergerakkan massa dengan skala besar untuk menggagalkan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Makassar serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2020 – 2025.

Diakhir arahannya AKBP Darminto menekankan kepada seluruh personel yang melaksanakan pengamanan untuk tetap mematuhi prosedur tetap pengamanan serta cara bertindak sesuai dengan perintah perwira pengendali dilapangan, serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk menghindari terbentuknya Cluster baru penyebaran Covid-19.

Usai pelaksanaan apel kesiapan pengamanan tersebut, untuk menghindari kesalahan prosedur saat bertindak dilapangan Danyon A Pelopor AKBP Darminto, S. Sos didampingi Pasi Ops Batalyon A Pelopor Iptu Taufik Iskandar, S.Sos.,M.Si dan Pasi Provos Batalyon A Pelopor Iptu Badaruddin melakukan pengecekan personel beserta kelengkapan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan.

Ditemui usai Apel Pengecekan tersebut AKBP Darminto mengatakan atas dasar perintah Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, PS.S.I.K.,M.Si, Batalyon A Pelopor diperintahkan menyapkan 2 SSK Pasukan PHH dan 2 Tim Anti Anarkis untuk melaksanakan pengamanan Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Makassar terpilih.

“ Atas dasar perintah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, PS, S.I.K., M.Si untuk menyiapkan 2 SSK Pasukan PHH ditambah 2 Tim Anti Anarkis yang akan melekat dimasing – masing Pos Pengamanan, personel yang terlibat akan disebar dibeberapa titik lokasi yaitu Pos Pengamanan pertigaan Jalan Sultan Alauddin – Jalan A.P. Pettarani dan Pospam Monumen Mandala Jalan Jendral Soedirman “ Ujar Darminto.

Perwira berpangkat dua melati itu menambahkan Apel pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh jajaran yang terlibat pengamanan baik itu personel maupun peralatan yang akan digunakan sesuai dengan protap yang berlaku dalam mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas.

“Jadi, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh jajaran Batalyon A Pelopor dalam mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas, serta kesalahan prosedur dalam bertindak khususnya berkaitan dengan agenda pelantikan kepala daerah terpilih yang sesuai jadwal digelar pada 26 Februari 2021,” Tutup AKBP Darminto.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed