oleh

Sukseskan Makassar Recover, Lurah Tallo Kerahkan Seluruh Potensi Kelurahan

ZONASULSEL.COM MAKASSAR | Pemerintah Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Provinsi Sulsel, siap menyukseskan program andalan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, Makassar Recover.

Lurah Tallo, Andi Muhammad Adri, Sabtu (20/3/2021), mengatakan, pihaknya akan mengerahkan seluruh potensi yang ada di Kelurahan Tallo untuk menjalankan program Makassar Recover ini.

“Sejak Pak Wali Kota dan Ibu Wakil Wali Kota melaunching Makassar Recover, kami di Kelurahan Tallo langsung bergerak mengambil peran dalam menyukseskan program andalan Pemkot (Pemerintah Kota) Makassar ini,” ujarnya.

Andi Adri, sapaan akrab Andi Muhammad Adri, menjelaskan, seluruh potensi kelurahan yang ada di tingkat Kelurahan Tallo mulai dari mulai dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Lembaga Pemberdayaan Masyatakat (LPM), Badan Keswadayaan Masyatakat (BKM), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkantimbas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan seluruh jajaran pemerintahan Kelurahan Tallo akan bahu membahu menyukseskan program Makassar Recover.

“Di Kelurahan Tallo ada 26 RT, 5 RW serta LPM, BKM, Babinkantimbas, Babinsa, dan seluruh jajaran pemerintahan Kelurahan Tallo akan kita kerahkan menjalankan program Makassar Recover di masyarakat,” jelasnya.

Andi Adri mengatakan, untuk mendukung Makassar Recover, pihaknya juga telah membentuk posko penanggulangan Covid-19 di Kantor Kelurahan Tallo.

“Akan ada selalu standby di posko secara bergiliran dengan memberdayakan RT/RW. Posko ini akan multi fungsi, selain untuk penanggulangan Covid-19 juga untuk mendukung Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di Kelurahan Tallo,” katanya.

“Termasuk telah menugaskan seluruh Ketua RT melakukan pendataan Lansia (Lanjut Usia) dan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di wilayahnya masing-masing. Juga dipasang spanduk menyukseskan Makassar Recover di sejumlah titik. Kita rutin melakukan rapat koordinasi, termasuk minta laporan setiap aktivitas dikoordinasikan melalui WhatsApp Grup agar memudahkan pemantauan kesukseskan Makassar Recover,” tambahnya.

Andi Adri mengakui, pihaknya juga telah menyediakan titik lokasi tempat kontainer vaksinasi Covid-19.

“Kita sudah siapkan lokasi untuk kontainer vaksinasi Covid-19. Kita juga telah membentuk tim ‘Detektor’. Ini nantinya  akan didampingi dokter di semua RT untuk melakukan identifikasi dan pendataan dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya, Makassar Recover resmi diperkenalkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, Jumat (5/3/2021) lalu.

Makassar Recover menjadi program unggulan yang mencakup tiga hal, yakni imunitas kesehatan, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi.

“Intinya ada imunitas, adaptasi, dan pemulihan ekonomi. Dari ketiga aspek tersebut tentu kita ingin berjuang bagaimana kita bisa melawan pandemi,” ujarnya.

Danny menjelaskan, penanganan pandemi Covid-19 berbeda dengan sebelumnya, jika selama ini, dilakukan dengan proses tracing, maka program Makassar Recover langsung dilakukan proses deteksi.

“Deteksi bisa dilakukan melalui GeNose. Seribu unit alat yang kita sebar di kelurahan. Kita juga kerahkan relawan, tim medis, dan dokter. Proses deteksi kita lakukan hingga tingkat RT/RW,” jelasnya.

Bahkan pencapaian dari proses penanganan pandemi ditunjukkan melalui indeks atau data. Partisipasi masyarakat pun menjadi kunci dalam penerapan Makassar Recover untuk mendorong motivasi masyarakat akan ada reward yang diberikan.

“Jadi semua bekerja secara sistematis dan ada data yang ditampilkan real time. Ini gerakan serentak. Sehingga semua data akurasinya sangat terjaga,” ucapnya.

Salah satu dari program Makassar Recover sendiri, yaitu Festival Smart Vaksinasi Makassar telah digelar Pemkot Makassar, Kamis (18/3/2021).

Inovasi untuk menekan laju pergerakan Covid-19 di tanah Daeng ini, dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo.

“Di kesempatan ini juga saya memperkenalkan dan meminta izin menjalankan program Makassar Recover kepada Bapak Presiden Jokowi. Beliau menyambut baik dan meminta untuk dijalankan secepatnya,” jelas Danny Pomanto. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed