oleh

Pemdes Nisombalia Laksanakan Musyawarah Desa Khusus Perubahan dan Penetapan APBDes TA. 2021

ZONASULSEL.COM – MAROS | Pemerintah Desa (Pemdes) Nisombalia, Kec. Marusu, Kabupaten Maros mendapat kucuran dana APBDes sebesar Rp. 1.012 . 324. 000.- ( satu miliar dua belas juta tiga ratus dua puluh empat ribu) Tahun Anggaran (TA) 2021. Dari Pagu anggaran tersebut Pemdes menyisihkan Rp. 81 juta atau 8 persen untuk penanganan Covid -19.
Penggunaan APBDes telah dibahas dalam rapat Musyawarah Desa Khusus Perubahan dan Penetapan APBDes TA. 2021.

Musyawarah tersebut dalam rangka Refocusing Anggaran Dana Desa (DD) penanganan Covid-19 dipimpin langsung Kepala Desa Nisombalia, Zulkarnain dan dihadiri Kabid PMD Pemkab Maros, Syamsul Idris, Pendamping Desa Kec. Marusu, Sabri Ketua BPD, Syarif, Bhabinkamtibmas, Babinsa, para kepala dusun, ketua RT, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, Ibu PKK beserta anggotanya.

Syamsul Idris menjelaskan pentingnya musyawarah khusus dalam penyisihan 8 % dari pagu anggaran desa.” Ada beberapa item kegiatan untuk pengunaan anggaran Rp. 81 juta itu,” ujar Syamsul.

Penyisihan anggaran Covid – 19 tersebut, menurut Syamsul, juga berlaku pada APBD kabupaten. ” Jadi bukan hanya di Pemdes, tapi juga dilakukan di Pemkab Maros,” kata Syamsul.

Syamsul memaparkan, penggunaan anggaran Covid-19 tersebut, yakni, pembelian obat, zanitizer, pembuatan pos pelayanan dengan mobilernya dan biaya makan minum untuk relawan dan petugas posko. Dalam pelayanan penanganan Covid tersebut harus melibatkan petugas kesehatan, Babinsa, Bimmas. ” Kita harapkan peran seluruh masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan sehingga masalah Pandemi cepat berlalu, ” imbunya.

Begitu pun dalam hal penggunaan DD. perlu transparan. Apalagi, tahun 2021 ini, Pemdes Nisombalia mengalokasikan anggaran APBDes untuk pengadaan air bersih (Pansimas) sebesar Rp. 247 juta.

Seperti diketahui untuk TA. 2021 Pemdes Nisombalia bekerjasama dengan Pansimas melakukan pengeboran untuk pengadaan air bersih dengan anggaran sebesar Rp. 542 juta. Pembangunan pengadaan air bersih terlaksana dengan baik karena menggunakan biaya patungan antara Pemdes Nisombalia sebesar Rp. 247 jt dan selebihnya ditanggung pihak Pansimas. ” Alhamdulillah. Pengeboran sudah selesai. Dilanjutkan pemasangan pipa sepanjang 7,8 Kilometer yang dimulai dari Dusun Mambue Talatala ke Kuri Caddi,” Zulkarnain melaporkan.

Sementara itu, Pendamping Desa Kec. Marusu, Sabri mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Pemdes Nisombalia dengan membangun pengadaan air bersih. ” Hal itu menandakan bahwa Kepala Desa Nisombalia sangat peduli dengan masyarakatnya. ” Saya salut dengan Pak Desa Nisombalia,” ujar Sabri.

Menurut Sabri, puluhan tahun bahkan seabad warga masyarakat Nisombalia sangat sulit mendapatkan air bersih. Makanya, masyarakat harus mendukung program ini. Karena baru di era pemerintahan Zulkarnain kepala desa sekarang, seluruh warga dusun Kuri Caddi, Kuri Lompo dan pada umumnya warga Desa Nisombalia akan dapat menikmati air bersih,” kata Sabri. (anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed