oleh

Ikuti Sertifikasi Tembak Reaksi IPSC, Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Dinyatakan Lulus

ZONASULSEL.COM MAKASSAR | Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Pusat yang bekerja sama dengan Perbakin Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar sertifikasi International Practical Shooting Confederation (IPSC) atau yang biasa disebut dengan tembak reaksi angkatan 179 dan 180 yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Pallawa Polda Sulawesi Selatan. Sabtu ( 03/04/2021).

Pada kegiatan sertiikasi IPSC tersebut, para peserta diharuskan melewati serangkaian ujian dan tes ketrampilan menembak untuk bisa lulus ujian sertifikasi.

Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Darminto, S.Sos berkesempatan mengikuti ujian sertifikasi tersebut. Sebelum tes menembak di lapangan, kegiatan sertifikasi diawali dengan pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si. yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Perbakin Provinsi Sulawesi Selatan, kemudian dilanjutkan dengan ujian tertulis dan Uji keterampilan dilaksanakan dihari kedua .

Kegiatan Sertifikasi yang dikendalikan langsung 2 Range Master Utusan dari PB Perbakin tersebut diikuti 13 utusan Kepolisian, 13 Sipil, dan 3 TNI terdiri dari perwakilan Perbakin Sulsel, Gorontalo dan Kendari. Selain AKBP Darminto, perwakilan dari Satbrimob Polda Sulsel yang juga mengikuti sertifikasi Tembak Reaksi Tersebut antara lain Brigpol Izwar Suyuti yang juga merupakan personel Batalyon A Pelopor,Brigpol Mardian Ismail, Syahrul, S.H dan Sardi Ahmad dari Detasemen Gegana.

Sebelum mengikuti ujian sertifikasi tembak reaksi, AKBP Darminto sudah berlatih intensif selama dua bulan didampingi sang pelatih Bripka Amiruddin yang merupakan pelatih menembak Batalyon A Pelopor yang sudah mengantongi Licensi B Nasional untuk kategory Pelatih tembak Sasaran, Dan hampir semua materi tembak reaksi yang diberikan bisa diserap dengan baik

Keikut sertaan Danyon Brimob Makassar ini sekaligus bisa memberi contoh kepada anak-anak muda, bahwa olahraga menembak sangat bermanfaat dan aman.

AKBP Darminto yang juga merupakan Ketua Komisi Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ) Pengprov Perbakin Sulsel ini mengungkapkan, Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi ini merupakan agenda kegiatan dari bidang Tembak Reaksi Pengprov Perbakin Sulsel. Tujuan adalah untuk meningkatkan pemahaman dan aturan serta prosedur penggunaan senjata api genggam, juga yang tidak kalah pentingnya adalah keamanan (savety) didalam dan di luar lapangan tembak.

“ ini merupakan agenda kegiatan dari bidang Tembak Reaksi Pengprov Perbakin Sulsel. bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan aturan serta prosedur penggunaan senjata api, baik didalam lapangan maupun di luar lapangan tembak.” Ungkap Darminto.

Darminto menambahkan Kegiatan Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi dibagi menjadi 2 bagian. Pada hari pertama dilakukan penataran atau pembekalan materi tentang olahraga menembak bidang Tembak Reaksi yang dilanjutkan dengan ujian keterampilan sebagai ujian terakhir di Lapangan Tembak Pallawa Polda Sulsel. Disamping itu secara teknis materi sertifikasi tersebut mencakup penguasan dan keterampilan penggunaan senjata mulai dari stage 1 sampai stage 6 yang harus memadukan sekaligus accuracy, power, dan speed yang dipraktekkan langsung di lapangan inilah yang menjadi syarat mutlak kelulusan sertifikasi.

“Ujian Tembak Reaksi dibagi menjadi 2 bagian. Pada hari pertama dilakukan penataran atau pembekalan materi tentang olahraga menembak bidang Tembak Reaksi yang dilanjutkan dengan ujian keterampilan sebagai ujian terakhir di Lapangan Tembak Pallawa Polda Sulsel, jadi secara teknis materi sertifikasi tersebut mencakup penguasan dan keterampilan penggunaan senjata mulai dari stage 1 sampai stage 6 yang harus memadukan sekaligus Ketepatan, Kekuatan, dan Kcepatan yang dipraktekkan langsung di lapangan inilah yang menjadi syarat mutlak kelulusan sertifikasi “ Kata Darminto.

Ditempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, PS.S.I.K.,M.Si membenarkan bahwa 5 orang personel Satbrimob Polda Sulsel telah lulus ujian sertifikasi Tembak Reaksi yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Polda Sulsel

“ Bahwa Benar, 5 orang perwakilan Satbrimob Polda Sulsel mengikuti sertifikasi tembak Reaksi IPSC dan semuanya dinyatakan lulus baik itu ujian teori maupun ujian praktek dilapangan “

Kombes Muhammad Anis mengungkapkan Untuk Satbrimob Polda Sulsel sendiri sudah memiliki 15 orang yang seluruhnya sudah mengikuti dan mengantongi sertifikasi IPSC
” Di Makosat Brimob ada 4 Orang termasuk saya sendiri, Batalyon A Pelopor juga 4 Orang termasuk Danyon A Pelopor ditambah dari Detasemen Gegana sebanyak 7 orang dan 2 diantaranya merupak Range Officer Nasional ” Ungkap Kombes Anis.

Kombes Pol Muhammad Anis menambahkan, pembekalan materi secara teori dan praktek langsung di lapangan ini menjadi modal besar bagi para peserta, banyak ilmu dan pengetahuan besar teknik menembak yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Selain pengetahuan tentang teknik menembak yang baik dan benar, juga pengetahuan tentang pentingnya faktor keamanan cara menembak yang aman baik bagi dirinya maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

“Saya berharap penataran dan pelatihan yang telah diterima peserta dapat menjadi bekal dalam berlatih dan bersaing di berbagai kejuaraan Tembak reaksi nantinya. Sertifikasi ini tentunya sangat penting bagi para calon atlet untuk dapat mengikuti perlombaan, baik di dalam maupun luar negeri,” tutup Muhammad Anis(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed