oleh

Respon Cepat, Brimob Batalyon A Pelopor Bantu Warga Padamkan Api di Bontoduri

ZONASULSEL.COM MAKASSAR | Kebakaran yang terjadi Kamis pagi (22/04/2020) sekitar pukul 09.00 Wita di kawasan padat pemukiman Jalan Bontoduri 7, Kelurahan Pa Baeng – Baeng, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, sempat membuat warga heboh warga sekitar lokasi kejadian.

Mengetahui hal tersebut 1 SSK Personel Batalyon A Pelopor yang dikomandoi langsung Oleh Komandan Batalyon A Pelopor ( Danyon ) AKBP Darminto, Sos ditambah 1 Unit Kendaraan Taktis Armored Water Canon ( AWC ) langsung menuju kelokasi kejadian.

Saat tiba dilokasi kejadian Danyon A Pelopor AKBP Darminto langsung memberikan instruksi kepada seluruh personelnya untuk segera membantu masyarakat dan Pemadam Kebakaran untuk memadamkan kobaran api serta mengamankan area sekitar lokasi kejadian.

Terlihat personel Brimob dan petugas pemadam kebakaran serta masyarakat setempat bahu membahu untuk memadamkan kobaran api yang sudah melahap Rumah warga.

Menurut informasi yang dihimpun, kejadian tersebut menghanguskan Sebanyak 13 ( Tigabelas ) unit rumah milik warga hangus dilalap sijago merah. Kejadian sekira pukul 09.00 Wita dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 12.25 Wita.

Suhardi yang merupakan ketua RW dilokasi tersebut mengatakan pada saat mengaji mendengar suara teriakan kebakaran kemudian keluar rumah dan langsung mengamankan surat berharga dan bersama warga memadamkan api.

Ditemui dilokasi kejadian, Komandan Batalyon (Danyon) A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto, S.Sos. menjelaskan, ini merupakan salah satu wujud Bhakti Brimob untuk Masyarakat dengan respon cepat personel Batalyon A Pelopor langsung menuju lokasi kejadian dan membantu jalannya proses pemadaman api dan pengamanan area sekitar lokasi kejadian.

“Lokasi kebakaran kebetulan berada tidak jauh dari Mako dan kami juga sempat melihat kepulan asap tebal di lokasi, jadi kami langsung menuju lokasi kebakaran untuk membatu warga dan pemadam kebakaran untuk memadamkan api serta mengamankan TKP agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”

Darminto menambahkan Kondisi akses yang sempit membuat AWC dan kendaraan pemadam kebakaran kesulitan masuk ke area pemukiman alhasil Lebih dari 3 jam Anggota Batalyon A Pelopor dan instansi terkait serta masyarakat sekitar berhasil memadamkan kobaran api. Sementara, untuk korban jiwa dapat dilaporkan nihil, sedangkan kerugian materiil ditaksir sekitar ratusan juta rupiah.

“ Sempitnya akses masuk kelokasi menjadi hambatan, sehingga para personel Brimob dan Damkar harus bekerja ekstra keras untuk memadamkan api, Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun terdapat 9 rumah rusak berat dan 4 rumah rusak ringan.” Lanjut Darminto.

Setelah api berhasil dipadamkan, Danyon A Pelopor langsung memerintahkan anggotanya untuk mendirikan tenda untuk pengungsi dan akan menyediakan makanan buka puasa untuk korban kebakaran melalui kendaraan Dapur Lapangan.

“ untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah kebakaran, kami akan menggelar tenda untuk dijadikan tempat untuk dijadikan pengungsi dan menurunkan kendaraan dapur lapangan untuk menyediakan pasokan makanan untuk para korban kebakaran ini, ini sebagai wujud bhakti brimob untuk masyarakat,” Pungkas Darminto.

Saat dikonfirmasi, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis P.S., S.I.K., M.Si. membenarkan hal tersebut.

“Jadi betul tadi terjadi kebakaran di Bontoduri 7 Makassar, ini tak jauh dari Mako Batalyon A Pelopor dan kami langsung ke TKP untuk membantu masyarakat”, katanya.

Dansat Brimob juga menyampaikan akan menurunkan bantuan makanan untuk para pengungsi melalui dapur lapangan Brimob.

“Kami akan terus hadir untuk membantu masyarakat, kita juga menurunkan tim dapur lapangan Brimob untuk menyediakan makanan kepada para pengungsi. Ini kami lakukan sebagai wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat”, tegas Muhammad Anis.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed