oleh

Marak Lagi, Kegiatan  Tambang Galian C di Maros

ZONASULSEL.COM – MAROS | Kegiatan Tambang Galian “C” (tanah timbunan) kembali marak di Kabupaten Maros  setelah beberapa  pekan terakhir  tidak beroperasi karena  hujan. Akibat aktifitas penambangan tersebut mengundang polusi udara yang berdampak kepada kesehatan masyarakat.

Belum diketahui pasti apakah  perusahaan pengelola tambang  mengantongi izin tambang dan Surat Keterangan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dari Pemerintah Pusat atau tidak. Kalau memiliki izin, paling tidak perusahaan tersebut harus memperhatikan dampak lingkungan dan kesehatan masyarakat yang ditimbulkan.

Memang secara medis belum ada data korban  akibat polusi udara yang ditimbulkan dengan  kegiatan penambangan tersebut. Namun, secara fisik jalan-jalan  yang dilewati truk pengangkut tanah timbunan yang beroda 6 (enam) hingga 10 roda menyebabkan kerusakan  jalan.

Parahnya lagi, salah satu penyebab terjadinya banjir di Kabupaten Maros pada tahun 2018 diduga  penggundulan hutan akibat maraknya penggalian Tambang Galian “C” di area bukit-bukit di Kecamatan Tanralili, Moncongloe, Tompobulu dan Simbang  Kabupaten Maros

Salah satu lokasi Tambang Galian C di Dusun Mangembang, Desa Toddopulia, Kec. Tanralili, Kabupaten Maros yang dikelola oleh salah seorang pengusaha Tambang Galian C,  dalam beberapa pekan ini marak melakukan penambangan.

Dari Pantauan media ini di lokasi penambangan, di Mangembang, Senin (26/4/2021), nampak puluhan mobil truk roda enam bolak balik mengangkut tanah timbunan yang mengundang polusi udara. Sedikitnya, puluhan mobil truk  sampai 100 kali  mengangkut tanah timbunan.

Salah seorang penambang, Muhajir yang akrab disapa Dg. Palisu yang ditemui di rumahnya mengakui bahwa tiap hari ada sekitar 100 kali pengangkutan. Tanah timbunan tersebut diangkut dari lokasi ke proyek jalan kereta di Palantikang, Kec. Maros Baru. ” Kalau lagi sepi, sedikitnya ada 10 truk dan sampai 100 kali pengangkutan,” ujar Muhajir. (junaed/ira)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed