oleh

Terungkap, Kades Nisombalia Marusu Nomor 1 Berkinerja Baik

ZONASULSEL.COM – MAROS | Dari 80 desa yang ada di Kabupaten Maros, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu mendapat penilaian nomor 1 (satu) berkinerja baik. Penghargaan  berkinerja  baik ini  terungkap dan disampaikan  langsung oleh Kabid PMD Pemkab Maros, Syamsul Idris, dalam acara Musyawarah Desa (Musdes) yang berlangsung di kantor Desa Nisombalia, Kamis (02/9/2021).

Acara Musdes tersebut dibuka oleh Kepala Desa Nisombalia, Sulkarnain,  dihadiri langsung, Kabid PMD, Syamsul Idris, Camat Marusu yang diwakili Kasie Pemberdayaan Masyarakat, Nazaruddin, Pendamping Desa Kecamatan, Sabri dan tenaga ahli serta para Kepala Dusun, RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua PKK Desa Nisombalia.

Menurut Kabid PMD, ada beberapa indikator mengapa Desa Nisombalia mendapatkan penilaian nomor satu  dalam hal berkinerja baik.

Pertama, lanjut Syamsul Idris, Kepala Desa Nisombalia Sulkarnain bersama perangkat  desa  berhasil menyelesaikan 100 persen progres kegiatan pembangunan tahun 2021. ” Hal penilaian ini berdsarkan data di Dinas PMD dan mampu menyerap 100 persen untuk kegiatan pmbangunan desa,” ujar Syamsul.

Indikator lainnya, baru desa Nisombalia yang paling cepat melaksanakan Musdes di Kecamatan Marusu.  Banyak desa di Kabupaten Maros hanya menyerap  anggaran rutin (honor perangkat desa), sementara progres kegiatan lainnya dilambatkan. Sehingga untuk penetapan RKPdes menjadi molor sehingga menghambat kegiatan lainnya.

Tapi, Desa Nisombalia mampu menyerap semua. Prestasi ini harus dipertahankan. Yang paling menggembirakan, desa Nisombalia akan  mendapat bonus sebesar Rp100 juta karena bisa menyelesaikan semua  progres kegiatan tahun 2021. Baik DD dan ADD.

Namun demikian, Syamsul Idris mengingatkan, dalam penyusunan RKPdes harus bersesuain dengan APBdesa. Kegiatan yang g terpending diangkat kembali.

Sementara, Camat Marusu, Nasaruddin,  mengapresiasi kinerja Kades yang berkinerja baik.  “Tidak ada lagi kata terlambat untuk melakukan RKPdes. ” ujar Nasaruddin. (ira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed