oleh

Bupati Maros Resmikan Pamsimas III Desa Nisombalia, Terbaik dalam Penganggaran

ZONASULSEL.COM – MAROS | Ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti,
Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam, S. Ip, M.H meresmikan penggunaan Pamsimas III (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) tahun 2021 Desa Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros, Kamis, 16/9/2021.

Dalam sambutannya, Bupati Maros mengapresiasi kerja keras Pemerintah Desa Nisombalia beserta jajarannya sehingga pengoperasian proyek Pamsimas ini dapat terwujud. ” Saya mengapresiasi kerja keras Kepala Desa Nisombalia, Sulkarnain yang telah mewujudkan harapan masyarakat Nisombalia untuk pengadaan air minum dan sanitasi di desa ini,” ujar Chaidir yang didampingi Camat Marusu, H. Suwardi Sawedi dan Kades Nisombalia, Sulkarnain. Atas kerja keras itulah Desa Nisombalia mendapat Award terbaik penganggaran Pamsimas.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Bappeda Pemkab Maros, Muh. Alwy, Kepala Dinas PMD, Idrus, para camat, Kades se Kec. Marusu, para kepala dusun, RT, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta ibu-ibu PKK.

Menurut Chaidir Syam, untuk kelangsungan Pamsimas ini dibutuhkan peran serta masyarakat. Masyarakat harus peduli dengan keberadaan Pamsimas ini. Partisipasi masyarakat dengan membayar yuran sangat membantu. “Sehingga kebutuhan masyarakat dengan air minum dapat terpenuhi yang selama ini kesulitan air,” kata Chaidir Syam.

Olehnya itu, lanjut Bupati Maros, salah satu syarat untuk mendapatkan air bersih setiap kepala keluarga (KK) harus memiliki WC di dalam rumahnya agar selalu terjaga dari kebersihan.
Karena hal yang baik harus dicontoh dan keberadaan Pamsimas Desa Nisombalia akan direfleksikan ke daerah lain,” imbunya.

Pekerjaan pembangunan sarana air minum tersebut menelan biaya sebesar Rp. 527. 000. 000,- (lima ratus dua puluh tujuh juta rupiah) dengan rincian: BLM APBN 245.000.000. APBDes 1 sharing Rp. 35. 000.000. No sharing Rp. 177.000.000. In-Kind (swadaya masyarakat) 66.500.000. In chas (dana tunai masyarakat Rp. 3. 500.000.
Lokasi Kuri Caddi, Tala2, Kuri Lompo. Waktu pelaksanaan 220 hari Kalender. Pekerjaan pembangunan sarana air minum.
Setelah peresmian Pamsimas, Bupati Maros meninjau kegiatan vaksinasi di Dusun Kuri Lompo. Sebanyak 162 warga yang divaksin dari 164 terdaftar. (anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed