oleh

Mengasah Literasi Digital untuk Hidup Lebih Berkah Bersama Kominfo dan Kementerian Agama Pada Literasi Digital Talkshow Interaktif “Madrasah Makin Cakap Digital”

ZONASULSEL.COM MAKASSAR |
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Agama dan GNLD Siberkreasi mengadakan serangkaian kegiatan “Madrasah Makin Cakap Digital” untuk wilayah Makassar dan Polewali Mandar sebagai bentuk kepedulian dan pembekalan kepada para tenaga pendidik Madrasah. Kegiatan ini diadakan secara hybrid di lokasi SMAN 3 Makassar dan SMAN 1 Polewali Mandar untuk 50 orang peserta. Dan juga disiarkan secara online bagi 1000 peserta lainnya. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa- Rabu, 14-15 September 2021.

Diskusi di Makassar menghadirkan Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag. selaku Direktur GTK Madrasah Kementerian Agama. Dan Ibu Rizki Ameliah selaku Koordinator Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula dari Citra Rosalyn selaku anggota Japelidi Makassar dan Fachrudin Palapa dari Mafindo Makassar. Sementara di Polewali Mandar, selain Bapak Muhammad Zain dan Ibu Rizki Ameliah, hadir pula Yusriah selaku Dosen Institut Agama Islam DDI Polewari Mandar dan Bapak Mihram yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Profesi Informatika dan Komunikasi Indonesia

Dr. Muhammad Zain mengarahkan agar setiap Madrasah memastikan dan meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru untuk mendukung Madrasah lebih cakap berdigital. Beliau juga mempercayai bahwa saat ini, semua orang termasuk setiap bagian di Madrasah memiliki jejak digital, oleh karena itu harus lebih bijak dalam menggunakan sosial media.

Sementara Ibu Rizki Ameliah dari Kominfo menjelaskan 2 kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika, yaitu webinar dan kelas literasi digital. Hal ini dilakukan demi mewujudkan literasi digital yang lebih komprehensif agar mencapai manfaatnya, yaitu untuk menghemat waktu, lebih hemat biaya, memperluas jaringan, belajar lebih cepat dan efisien.

Rizki juga menjelaskan ada banyak kegiatan lanjutan setelah literasi digital yang bisa dicek langsung oleh masyarakat pada website dan dashboard untuk materi dan kegiatan dari literasi digital. Juga terdapat aplikasi dan fitur-fitur gratis yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan kelas untuk orangtua, PAUD, SD, SMP, dsb. untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia.

Untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar Madrasah Cakap Digital Siberkreasi berikutnya dapat dipantau di info.literasidigital.id dan juga melalui sosial media @siberkreasi.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed