oleh

Tumbuhkan Kepercayaan Pelanggan dengan Respon Cepat dan Pelayanan Ramah

ZONASULSEL.COM BUTON |Tengah, 22 September 2021 – Sebanyak 678 peserta di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, yang dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema yang dibahas adalah “Tips dan Trik Jualan Online”.

Empat orang narasumber tampil dalam seminar kali ini. Masing-masing yakni, dosen Universitas Muhammadiyah Buton, M Hidayatullah; pemengaruh dan narablog, Ayu Indah Trisusilowaty; Sekretaris Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, Husein Ratuloll; serta dosen dan peneliti, Tati. Adapun yang tampil sebagai moderator adalah Unik Oke. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Selanjutnya, M Hidayatullah tampil sebagai narasumber pertama dengan mengusung tema “Strategi Digital Marketing untuk Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19”. Menurut dia, saat ini, aktivitas petani dan nelayan dalam penggunaan internet serta pengetahuan akan media digital masih terbatas. Padahal, sejumlah platform digital telah tersedia untuk menjadi mitra memasarkan produknya secara daring, seperti eFishery, Aruna, TaniHub, atau Sayurbox. “Grup Facebook juga dapat digunakan petani dan nelayan di Buton Tengah dalam kegiatan pemasaran daring,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ayu Indah Trisusilowaty menyampaikan paparan berjudul “Etika Pemasaran Produk Lokal di Toko Online”. Ia mengatakan, pelaku usaha perlu menjaga etika bisnis dalam beraktivitas di dunia maya, agar dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Banyak kasus kegagalan bertransaksi di internet karena hilangnya rasa kepercayaan calon konsumen. “Sebagai penjual, apapun pesan pertanyaan calon pembeli harus dijawab dengan ramah,” jelasnya.

Pemateri ketiga, Husein Ratuloll, memaparkan tema “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”. Menurut dia, untuk menjadi produktif, warganet harus menambah referensi pengetahuan akan perkembangan dunia digital. Misalnya, mengetahui lebih detail pemanfaatan fitur di media sosial untuk pemasaran produk. “Masyarakat juga harus inovatif dan kreatif dalam menggunakan media sosial,” kata dia.

Adapun Tati, sebagai narasumber terakhir menyampaikan paparan berjudul “Main Aman Saat Belanja Online”. Ia mengatakan bahwa ketika bertransaksi, warganet harus memastikan toko daring dapat dipercaya sekaligus telah membaca kebijakan yang berlaku dan deskripsi produk. Selain itu, pilih pola pembayaran dengan rekening bersama, pastikan menggunakan perangkat pribadi, dan menyimpan bukti transaksi. “Waspada dengan barang yang ditawarkan dengan harga sangat murah,” tutur dia.

Setelah sesi pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Unik Oke sebagai moderator. Para peserta tampak antusias dan mengirimkan banyak pertanyaan. Sebagai apresiasi, panitia memberikan uang elektronik masing-masing senilai Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih. Webinar literasi digital ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan edukatif.

Salah seorang peserta, Tika Sartika, bertanya tentang cara bersikap menghadapi komentar negatif terhadap toko daring yang sedang dijalani. Menanggapi hal tersebut, Ayu Indah Trisusilowaty mengatakan untuk mencermati dulu isi komentarnya. Jika terkait pelayanan dan produk, segera tanyakan kepada konsumen untuk dicarikan solusinya. Jika komentar timbul karena ketidaksukaan, sebaiknya tidak perlu ditanggapi dan blokir akun tersebut.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed