Gubernur Sulsel Lepas 420 Peserta Mudik Gratis Andalan 1444 Hijriyah

ZONASULSEL.COM, MAKASSAR | Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, melepas 420 peserta Mudik Gratis Andalan 1444 Hijriyah, di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis 20 April 2023.

Baca Juga Bisa Berhemat Berkat Mudik Gratis, Pemudik Sampaikan Terima Kasih ke Gubernur Sulsel

Untuk pemberangkatan kali ini ada 15 bus dari Kota Makassar menuju beberapa Kabupaten/Kota di Sulsel. Mulai dari Siwa, Palopo, Masamba, Malili, Pinrang, Enrekang, Bone, Sengkang dan Soppeng.

Sebelumnya, pada 17 April 2023 juga telah dilepas 100 peserta yang berangkat ke Bulukumba, Sinjai, Parepare dan Sidrap.

Kegiatan Mudik Gratis Andalan ini sudah dilaksanakan selama 2 tahun. Masyarakat sangat antusias untuk ikut mudik gratis ini, khususnya mahasiswa.

“Semoga dengan adanya program Mudik Gratis Andalan, dapat mengurangi volume kendaraan sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan,” kata Andi Sudirman.

Menurutnya, dinas yang terkait bekerja sama dengan Kapolda Sulsel telah menyediakan beberapa pos mudik di titik-titik tertentu. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan, Pemprov dan instansi terkait bisa bergerak cepat untuk mengatasinya.

Tak hanya itu, peserta juga diberikan paket sembako untuk dibawa pulang ke kampung halaman dan paket buka puasa yang bisa dinikmati di perjalanan.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah mengatakan program mudik gratis ini dapat membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam hal dana dan yang lain-lainnya.

“Mudik tahun ini cukup meningkat, dikarenakan tidak dilakukannya lagi PPKM. Kerinduan masyarakat kita kembali ke kampung halamannya mulai tidak terbendung,” sebutnya.

Menurutnya, awalnya Pemprov Sulsel hanya fokus kepada mahasiswa namun desakan masyarakat untuk diakomodir, juga ingin mendapat fasilitas gratis, sehingga dibukalah untuk umum.

“InsyaAllah jika tidak ada halangan tahun depan bisa dilaksanakan lagi,” pungkasnya.(*)