Jawaban Pj Gubernur Ranperda Tentang APBD TA 2024 Disetujui Seluruh Fraksi DPRD Sulsel

ZONASULSEL.COM, MAKASSAR | Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, hadir langsung memberikan jawaban atas pemandangan umum terhadap apa yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD Sulsel terkait Ranperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2024, di Gedung DPRD Provinsi Sulsel, Jumat malam, 13 Oktober 2023.

Baca Juga Pj Gubernur Sulsel Dorong Pelaku Usaha Hewan Ternak, Tingkatkan Produksi untuk Penanganan Stunting

Seluruh fraksi memberikan persetujuan untuk dilanjutkan ke tahapan pembahasan. Selain itu juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bahtiar Baharuddin pada rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, dan dihadiri seluruh Anggota DPRD Sulsel.

“Tentunya kami menyampaikan terima kasih atas jawaban atas pemandangan umum terhadap apa yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD,” kata Ina Kartika.

“Kami harap, pembahasan APBD 2024 ini adalah momentum awal bagi kita untuk kembali menyehatkan sistem pemerintahan dan sistem keuangan di Sulsel,” sebutnya.

Adapun dari Fraksi Partai Golkar, Rahman Pina, menyampaikan, mendapatkan statement-statement yang menurutnya sangat elegant dan sekaligus sangat terbuka di forum ini. Bahkan siap hadir di forum-forum Badan Anggaran untuk kemudian membahas bersama apa yang paling urgent untuk rakyat Sulsel.

“Oleh karena itu, kami dari Fraksi Partai Golkar, siap untuk membahas pada proses selanjutnya,” katanya.

Fraksi Partai Nasdem, pandangannya disampaikan oleh Desi Susanti Sutomo menyampai apresiasi dari jawaban yang ada, meski tidak semuanya terjawab.

“Kami dapat menerima dan akan kami kaji dan siap ke tahap selanjutnya,” ujarnya.

Sementara itu, Fraksi Partai Gerindra, disampaikan oleh Muchtar Mappatoba menyebutkan, jawaban yang diberikan memiliki makna luar biasa.

Selanjutnya, dari Fraksi Partai Demokrat, Selle KS Dalle, mengapresiasi jawaban yang ada. “Ada komitmen yang kuat, khususnya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan demi kemajuan masyarakat Sulsel dan Insya Allah DPRD akan berdiri tegak bersama Pak Gubernur,” tegasnya.

“Insya Allah lewat tangan dingin Pak Gubernur kita akan menata dengan baik percepatan untuk jauh lebih melangkah,” sambungnya.

Dari Fraksi Partai PKS, disampaikan oleh Isnayani. Ia sangat mengapresiasi gubernur bahwa siap untuk dikoreksi ketika ada hal-hal yang perlu dikoreksi.

Adapun dari PDI Perjuangan, Risfayanti Muin, menyatakan, apa yang disampaikan oleh gubernur diterima dan menyampaikan terima. “Ini untuk kesejahteraan masyarakat Sulsel secara umum. Karena kesejahteraan masyarakat tujuan kita bersama-sama hadir di sini. Apresiasi tinggi yang kami berikan ke Pak Gubernur,” ucapnya.

Setelah itu, dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, disampaikan Fauzi Andi Wawo. Ia mengaku, mendapatkan jawaban yang betul-betul dari seorang pemimpin. “Setelah sekian lama kita menanti jawaban-jawaban seperti itu,” ujarnya.

Senada dari Fraksi Partai Amanat Nasional, seperti yang disampaikan oleh Irwandi Nasir, jawaban yang ada memberikan harapan dan komitmen seorang pemimpin dalam merealisasikan janji-janjinya.

“Untuk itu kami dari Fraksi PAN, Irwandi Nasir ke Pak Gubernur minta tolong, izinkan kami sampaikan salam terima kasih kepada Bapak Presiden atas dipilihnya Bapak sebagai Gubernur,” harapnya.

Terakhir dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sugiarti Mangun Karim. “Malam ini saya sudah mendapatkan benang merahnya dan sudah bisa mengatakan bahwa frekuensi Gubernur Sulsel dan DPRD Sulsel itu sudah nyambung dan siap bersinergi,” sebutnya.

“Mudah-mudahan orkestra yang akan kita perdengarkan kepada seluruh masyarakat Sulsel itu tidak ada lagi suara-suara sumbang dan sudah terdengar merdu dan bisa mengantarkan kesejahteraan sesungguhnya kepada masyarakat Sulsel,” pungkasnya. (*)