Ahmad Susanto: Olahraga Adalah Gaya Hidup dan Transformasi Menuju Prilaku Positif

ZONASULSEL.COM MAKASSAR, |Olahraga sebagai mitigasi sosial menjadi salah satu misi KONI Kota Makassar di bawah kepemimpinan Ahmad Susanto.

Itu sebabnya dalam banyak kesempatan, Ketua KONI Makassar Ahmad Susanto membeberkan konsep olahraga sebagai mitigasi sosial.

Saat tampil mengisi acara talkshow di Radio Insania FM, Selasa (21/11) pagi tadi, Ahmad Susanto kembali menjelaskan ihwal olahraga sebagai mitigasi sosial.

Menurut dia,selain sebagai gaya hidup, olahraga juga mesti menjadi jembatan atau media transformasi perilaku negatif masyarakat menjadi perilaku atau kebiasaan yang bernuansa positif.

“Data menunjukkan di Makassar ada kelompok atau kawasan tertentu yang sering terjadi aksi busur-membusur. KONI Makassar siap mewadahi dan membimbing mereka ke hal positif dengan menjadikan atlet panahan,” kata Ahmad Susanto.

Demikian juga dengan perilaku balapan liar yang kerap mencendawam terutama saat bulan ramadan.

KONI Makassar pernah mewadahi kelompok pembalap liar ini dengan menggelar Lantang Bangngia Road Race. Dengan adanya wadah seperti itu, mereka yang suka balapan tersalurkan hobinya.

Sebagai bagian dari upaya menjadikan olahraga sebagai mitigasi sosial, KONI Makassar kini merancang menghadirkan sport center mini di 15 kecamatan di Makassar.

Sport center mini akan menggunakan lahan pemerintah kota atau lahan swasta yang selama ini menganggur alias terbengkalai. (**)