LPPM UIT Adakan Pembekalan dan Pelepasan KKN Tematik Periode Ganjil TA 2023-2024

ZONASULSEL.COM,MAKASSAR |Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia Timur (LPPM UIT) melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Angkatan 2023-2024 di Kampus I Aula Kosentrasi selama 2 hari Rabu-Kamis, 29 – 30 November 2023.

Baca Juga LPPM UIT Adakan Monev Internal Program Penelitian dan PKM Hibah DRTPM Thn 2023

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UIT Dr. Abdul Rahman, S.Pt., SE., MM, Dan dihadiri Wakil Rektor I bidang akademik Drs, Hanafi, A.Kadir., S.KM., M.Kes, Wakil Rektor II bidang administrasi dan keuangan Dr. Arjang, ST, MT, MM, Para Dekan dan Ketua Program Studi, Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM, Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik Periode Ganjil TA 2023-2024 Universitas Indonesia Timur.

Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM, Dewi Isnaeni, S.KM., M.Kes dalam sambutannya mengatakan jumlah peserta KKN Angkatan ini sebanyak 84 mahasiswa yang terbagi kedalam dua kategori yakni kategori KKN Mandiri yang ditempatkan di beberapa instansi diantaranya di Pengadilan Sungguminasa, Kantor Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum, Veritas Law Firm Indonesia, Kantor Advokat Jeneponto Andi Alwi, Kantor Hukum TNI-AU Lanud S HND Mandai, Kantor Advokat Keadilan Kabupaten Maros, Pengadilan Tinggi Makassar, beberapa Koperasi dan Apotik.

Kategori KKN Reguler ditempatkan di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar pada 5 lokasi yakni Kelurahan Bontolebang, Desa Sampulungan, Desa Pakkaba, Desa Tamasaju, dan Desa Aeng Batu-batu. Mahasiswa peserta KKN tahun ini berasal dari prodi Hukum, S1 Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Manajemen, FAI, Komputer, Ilmu Pemerintahan, Akuntansi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Kehutanan, ” kata Dewi

Ketua LPPM UIT, Nismawati, S.Si., M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa “LPPM UIT pada angkatan ini mengangkat tema “Mengaktifkan Kolaborasi Bersinergi: Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Integrasi Lintas Sektor.” Tema ini tidak hanya mencerminkan semangat kerja sama, tetapi juga menunjukkan tekad kita untuk menjadi agen perubahan yang berdampak positif bagi masyarakat. Kita tidak hanya akan menjadi saksi, tetapi juga pelaku dalam menggalang kerjasama lintas sektor untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks tema tersebut, mari kita kenali dan hayati betapa pentingnya peran lintas sektor dalam menghadapi berbagai tantangan dan merespon kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

” Saya mengajak bapak ibu Dekan, dan Ka.Prodi untuk berkolaborasi bersama menjadikan wilayah KKN kita ini khususnya KKN reguler yang kami tempatkan di Kecamatan Galesong Utara yakni Kelurahan Bontolebang, Desa Sampulungan, Desa Pakkabba, Desa Tamasaju dan Desa Aeng Batu-batu menjadi desa binaan prodi bapak/ibu. Tentunya jika dilanjutkan menjadi desa binaan prodi bapak/ibu maka secara kolaborasi kita akan berkesinambungan pada Tridarma pendidikan kita khususnya Penelitian dan PKM. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa Kolaborasi antara sektor Pendidikan, Pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat adalah kunci keberhasilan kita dalam mencapai hasil yang berkelanjutan, ” kata Nismawati.

Rektor UIT, Dr. Abdul Rahman, S.Pt, SE., MM dalam sambutannya ketika membuka acara ini mengatakan menitipkan pesan kepada mahasiswa agar senantiasa menjaga nama baik Universitas Indonesia Timur, dan aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan Masyarakat setempat.

Rektor UIT menyampaikan banyak terima kasih kepada ketua LPPM, seluruh panitia sehingga kegiatan Pembekalan dan Pelepasan ini bisa terlaksana dengan baik.

Setelah membuka acara, Rektor memberikan atribut KKN kepada perwakilan mahasiswa sebagai tanda dimulainya kegiatan KKN Tematik periode ini.
Kegiatan ditutup dengan foto bersama sebagai simbolis pelepasan mahasiswa KKN Tematik Universitas Indoensia Timur Periode Ganjil 2023/2024(***)