Ahmad Susanto Tegaskan Wasit Harus Tegas dan Disiplin Pimpin Pertandingan

ZONASULSEL.COM,MAKASSAR |Ketua Umum Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan, Ahmad Susanto meminta wasit futsal harus tegas dan disiplin dalam memimpin pertandingan. Pasalnya, keributan sampai perkelahian antarpemain sangat bergantung dengan ketegasan wasit dalam memimpin pertandingan.

Penegasan ini disampaikan Ahmad Susanto saat menutup kursus wasit futsal nasional di Hotel Grand Town Pengayoman, Rabu (13/12).

Baca Juga Ketua KONI Makassar dan KONI Surakarta Inisiasi Pembentukan Forum KONI Kota se-Indonesia

Kursus yang diselenggarakan AFP Sulsel ini berlangsung 8-13 Desember. Kursus diikuti 27 wasit dari sejumlah provinsi di kawasan timur Indonesia. Kursus menghadirkan Ikwan Budi Laksono dan Chaidir dari Federasi Futsal Indonesia sebagai instruktur.

“Wasit adalah penegak aturan di garis terdepan. Penyelenggaraan pertandingan yg berkualitas, minim bahkan tidak adanya keributan sampai perkelahian antar pemain dan lainnya sangat bergantung dengan ketegasan wasit dalam memimpin pertandingan,” katanya.

Ahmad yang juga Ketua KONI Kota Makassar itu meminta wasit futsal untuk terus menambah ilmu meningkatkan kemampuan dan mengetahui aturan-aturan Futsal terbaru.

“Semoga dengan terselenggaranya kursus ini makin banyak wasit berkualitas yang berlisensi nasional yang dapat memimpin pertandingan di Liga 2. Bahkan Liga Pro yang berasal dari Indonesia Timur terkhusus dari Sulawesi Selatan,” katanya lagi(**)