Pangdivif 3 Kostrad Siapkan Lahan 100 Hektar untuk Budidaya Pisang Cavendish

ZONASULSEL.COM, GOWA ||Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI, Choirul Anam, menyiapkan 100 hektare lahan di Kabupaten Gowa dan Maros untuk budidaya pisang cavendish. Hal ini merupakan bentuk dukungan atas program ketahanan pangan yang diinisiasi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

Baca Juga Pj Gubernur Sulsel Instruksikan TPID Koordinasi ke Pertamina dan Forkopimda untuk Atasi Kelangkaan BBM

Adapun lahan yang disiapkan masing-masing di Pakkatto Gowa seluas 10 hektar, Brigif 3 Maros 25 hektar, Yonif 431 Maros 20 hektar, Yonif 432 Maros 15 hektar, Yonif 433 Maros 25 hektar, dan Yonarhanud 16 Maros 15 hektar.

Hal tersebut terungkap saat Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin dan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, melakukan kunjungan kerja di Markas Divisi Infanteri 3 (Madivif 3 Kostrad), di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Senin, 18 Desember 2023.

Sekedar informasi, Divisi Infanteri 3/Darpa Cakti Yudha atau Divif 3/Kostrad merupakan satuan di bawah jajaran Kostrad yang memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional satuan-satuan tempur di bawah komandonya, agar senantiasa siap dihadapkan kepada kemungkinan pelaksanaan tugas pada tingkat strategis. Wilayahnya di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pada kunjungan ini, Gubernur dan Ketua DPRD Sulsel, serta Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam, melakukan penanaman pisang cavendish.

Pangdivif 3 Kostrad, Choirul Anam menyampaikan, moment ini membahagiakan bagi Madivif 3 Kostrad, karena baru pertama kali dikunjungi Gubernur dan Ketua DPRD sejak berdiri lima tahun lalu.

“Kami Kostrad yang berdomisili di daerah Sulsel ini bisa melihat langsung dan silaturahmi. Tadi juga disampaikan oleh Bapak Gubernur beberapa sumbangan beliau terkait lahan tidur yang sudah kami rehabilitasi,” kata Choirul Anam.

Selain pisang cavendish, ke depan juga akan ada sukun dan nangka. “Saya ucapkan sekali lagi terima kasih, semoga kita sama-sama memajukan Sulsel lebih maju lagi,” sebutnya.

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi konkrit antara Pemerintah Provinsi Sulsel dengan jajaran Divisi 3 Kostrad. Yakni melakukan penghijauan atau rehabilitasi lahan dan memanfaatkan lahan tidur untuk ekonomi masyarakat. Serta bersinergi untuk membangun Sulsel, khususnya pada bidang pertanian.

“Saya atas nama Pemprov dan jajaran serta masyarakat Sulsel dan Ibu Ketua DPRD yang hadir langsung memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Divisi 3 Kostrad,” ujarnya.

Adapun Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, menyampaikan, kedatangannya untuk bersilaturahmi termasuk untuk melihat kebutuhan yang diperlukan Madivif 3 Kostrad.

“Kita berharap juga ke depannya akan ada lagi bantuan lain yang bisa diberikan kepada teman-teman di sini dan tentu saya khususnya sebagai Ketua DPRD Sulsel. Apapun yang Pak Gubernur tentu harapkan juga menjadi penguatan, kami lembaga legislatif Insya Allah akan kami berikan dukungan,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Bahtiar Baharuddin dan Andi Ina Kartika dikukuhkan menjadi warga kehormatan Divif 3 Kostrad. (*)