Pj Gubernur Sulsel Bersama Barisan Muda Putra Pongka Tanam Sukun di GOR Sudiang

ZONASULSEL.COM,MAKASSAR ||Berolahraga sambil menjaga lingkungan. Itulah semangat yang ada di benak dari Barisan Muda Putra Pongka, pemuda-pemudi yang ada di sekitar wilayah area Gedung Olahraga (GOR) Sudiang, Makassar.

Baca JugaDanny Pomanto Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Mereka pada Sabtu sore, 20 Januari 2024 bergabung dengan Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, dalam kegiatan menarik yang akan memberikan kontribusi positif kepada alam. Yakni melakukan budidaya sukun di lahan milik Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel.

“Kami sangat mendukung adanya program pemerintah ini. Karena sebagai pemuda lokal area wilayah GOR Sudiang itu sangat membantu kami. Ini juga nanti kami bisa nikmati hasilnya dan anak-anak kami juga ke depannnya,” kata Ketua Barisan Muda Putra Pongka, Muhammad Rahman Yusuf.

Kawasan GOR aktif digunakan masyarakat untuk berolahraga. Sehingga pohon sukun ini diharapkan dapat menjaga kualitas udara secara sehat.

“Kami sempat olahraga dulu sambil menunggu Pak Gubernur dan beliau datang kita menanam bersama dan kami sangat support,” sebutnya.

Ia berharap, budidaya ini akan semakin diperluas dengan memanfaatkan lahan-lahan yang belum termanfaatkan.

“Mudah-mudahan ke depannya bisa dikembangkan lagi untuk lahan yang tidak terpakai,” ujarnya.

Adapun Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, menyampaikan bahwa terdapat 78 hektar lahan diperuntukkan dan dimanfaatkan dengan membangun sarana olahraga. Namun, di bagian pinggir lahan akan ditanami sukun.

“Kita akan bangun sarana olahraga. Namun, saat ini di sudut-sudutnya luas tanah ini, ada tanam sukun,” jelasnya.

“Kita tanam bersama Pak Gubernur ini syukur sekali, karena nantinya ke depannya ini akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar GOR ini. Jadi di sudut-sudutnya kita tanami sukun,” imbuhnya.

Suherman juga menjelaskan, bahwa dalam kunjungan ini, Bahtiar juga meninjau sarana prasarana yang ada serta melihat masyarakat berolahraga dan bertanding. Termasuk terkait rencana pembangunan stadion. Dimana Pemprov telah menyiapkan lahan untuk pembangunan stadion dan pemerintah pusat dalam hal ini diharapkan dapat mendanai pembangunannya.

“Beliau langsung melihat lokasinya dan menyampaikan ke saya untuk segera melakukan koordinasi ke pusat. Karena kita sudah melakukan membuat proposal untuk dana APBN yang bisa dibantu, melalui program PUPR Pusat. Ini untuk terus didorong dan ditindaklanjuti secara terus menerus untuk dipantau terus perkembangannya,” pungkasnya. (*)